Berapa Umur Ban Mobil? Berikut Detail Penjelasannya


 Pemilik mobil mengetahui umur ban mobil yang digunakan, supaya bisa menggantinya dengan yang baru setelah masa pakainya habis. Jadi, komponen di dalam mesin mobil memang memiliki tanggal kadaluarsa seperti halnya makanan dan minuman. 

Salah satunya adalah ban yang merupakan komponen penggerak, dimana wajib diganti berkala untuk menjaga kenyamanan dan keselamatan berkendara. 

Lantas berapa umur ban mobil harus dilakukan penggantian? Berikut ulasannya dari portal berita otomotif otoklix.com.

Berapa Umur Ban Mobil? 

Hal pertama yang wajib dipahami adalah berapa umur ban mobil. Jadi, ban mobil secara umum memiliki masa pakai sekitar tiga tahun. Atau dengan jarak tempuh maksimal 40.000 kilometer. Jika sudah mencapai batas ini, biasanya ban mobil akan mengalami penurunan performa. 

Selain itu, akan mulai bermunculan sejumlah tanda jika ban mobil wajib diganti dengan yang baru. Sehingga mobil tetap mendapatkan keseimbangan ketika melaju di jalan raya sekaligus mampu bergerak dengan stabil bahkan mulus. Selain itu, ban mobil dalam kondisi prima akan meningkatkan keselamatan ketika melaju di jalanan. 

Menariknya, meskipun umur ban mobil ada standar seperti yang sudah dijelaskan. Ternyata dalam kondisi tertentu masa pakainya bisa lebih singkat dan bisa juga sebaliknya. Sebab ada banyak faktor yang diketahui mempengaruhi kondisi ban. Sehingga faktor-faktor ini juga yang kemudian mempengaruhi umur ban tersebut. 


Hal-Hal yang Mempengaruhi Umur Ban 

Berikut adalah beberapa hal atau faktor yang mempengaruhi umur atau usia ban mobil, sehingga bisa memiliki masa pakai lebih pendek atau bahkan lebih panjang: 

1. Intensitas Penggunaan Mobil 

Intensitas penggunaan ban akan mempengaruhi usia ban mobil itu sendiri, jadi semakin sering dipakai semakin mudah aus. Sehingga umur ban menjadi lebih terbatas. Namun, bukan berarti ban yang tidak pernah atau jarang dipakai maka akan sangat awet. Sebab seiring berjalannya waktu struktur ban akan berubah meski tidak dipakai. 

2. Kondisi Jalan yang Dilewati 

Kondisi jalan yang dilewati juga akan mempengaruhi umur ban kendaraan, termasuk ban mobil. Semakin jelek kondisi jalan semakin mudah aus permukaan ban sehingga masa pakainya lebih singkat. Jika setiap hari melintasi jalanan yang tidak beraspal dan banyak lubang pastikan melakukan pemeriksaan ban secara rutin ke bengkel.

3. Kondisi Cuaca 

Kondisi cuaca ternyata juga mempengaruhi usia ban mobil, semakin buruk kondisi cuaca di daerah sekitar semakin mudah permukaan ban aus. Sebab saat melintas di jalanan sering hujan terendam banjir, dan juga melintas saat cuaca panas. Maka ban bekerja keras menjaga traksi, sehingga umurnya menjadi lebih pendek. 

4. Kebiasaan Mengemudikan Mobil 

Kebiasaan mengemudi ternyata juga ikut mempengaruhi umur ban mobil, semakin buruk kebiasaan mengemudi semakin pendek umur ban yang dimiliki. 

Kebiasaan buruk disini seperti sering menikung tajam, mengerem mendadak, dan suka mengebut. Kebiasaan seperti ini memberi tekanan ekstra pada ban sehingga mempengaruhi umurnya. 

5. Intensitas Perawatan 

Intensitas perawatan terhadap ban mobil juga akan mempengaruhi umur ban tersebut. Semakin sering pemilik mobil merawat ban dan rutin melakukan pemeriksaan maka umurnya akan semakin lama. 

Perawatan ban sendiri beberapa bisa dilakukan sendiri di rumah seperti pemeriksaan kondisi ban. Namun bisa juga dibawa ke bengkel untuk dirawat oleh montir ahli. 

Tanda-Tanda Ban Mobil Perlu Diganti 

Melalui penjelasan di atas maka bisa diketahui jika umur dari ban mobil memang tidak pasti, tidak selalu setelah 3 tahun baru diganti. Sebab bisa jadi kurang dari 3 tahun sudah harus diganti karena memang intensitas penggunaan yang tinggi atau karena sebab lainnya. Jadi, tidak ada angka pasti terkait umur ban. 

Supaya lebih mudah mengetahui kapan ban perlu diganti karena sudah rusak atau sudah kadaluarsa. Maka kenali tanda-tanda ban wajib diganti, berikut beberapa diantaranya: 

1. Umur Ban Sudah 3 Tahun 

Tanda yang pertama adalah umur ban itu sendiri, jika umur ban sudah tiga tahun maka sudah sewajarnya diganti. Maka pastikan ingat betul kapan ban dibeli dan kapan ban tersebut mulai dipakai. 

2. Jarak Tempuh Sudah 40.000 Kilometer 

Tanda kedua adalah terkait jarak tempuh dimana secara umum ban mobil maksimal menempuh jarak 40.000 kilometer. Jadi, jika sudah mencapai angka ini wajib diganti dengan ban baru. 

3. Kedalaman Tapak Ban Rendah 

Tapak ban semakin lama akan semakin rendah, yakni motif permukaan ban yang semakin pudar. Jika terlihat demikian maka perlu segera ganti ban baru. 

4. Ban Retak 

Jika ban terlihat retak maka perlu segera diganti dengan ban baru, karena tanda ini menunjukan jika kondisi atau struktur ban sudah tidak maksimal. 

5. Sering Kempes dan Sering Ditambal 

Jika ban mobil sudah sering kempes kemudian sudah sering ditambal juga, maka artinya umur ban mobil sudah maksimal dan perlu segera diganti dengan yang baru. 

6. Kenyamanan Berkendara Terganggu 

Kondisi ban yang sudah tidak maksimal bisa membuat mesin mobil bergetar dan keseimbangannya tidak lagi pakem. Maka saat tanda ini dialami sebaiknya segera ganti ban baru. 

Jika mengalami sejumlah tanda di atas, maka artinya umur ban mobil sudah mencapai batas maksimal. Sehingga perlu segera diganti, usahakan memakai ban baru dengan kualitas baik dan sesuai spesifikasi mobil agar awet. Anda bisa melakukan penggantian ban di bengkel ban mobil terdekat dan terpercaya.
adsense 336x280

0 Response to "Berapa Umur Ban Mobil? Berikut Detail Penjelasannya"

Posting Komentar